Jumat, 16 Desember 2011

Kimia UR Tingkatkan Safety Lab

Dr Hj Sofia Anita MSc
JU-Laboratorium (Lab) memiliki peran sangat besar dalam menentukan mutu pendidikan di perguruan tinggi karena Lab dapat menghasilkan karya-karya ilmiah. Untuk itu, perlu manajemen yang bagus dalam mengelolah Lab agar sarana dan prasarana tetap terjaga.
Hal ini menjadi salahsatu program Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UR dalam rangka meningkatkan efektifitas kerja di Lab Kimia. Dr Hj Sofia Anita MSc, Kepala Jurusan Kimia yang baru menjabat sejak Bulan Maret 2011 lalu mengatakan kedepannya Kimia ingin mengembangkan SDA di Lab yang betul-betul mengerti dengan manajemen Lab. 
"Manajemen dan Safety (keselamatan, Red) sangat penting karena banyak hal yang harus kita perhatikan di Lab, seperti sumber daya manusia, sarana dan prasarana dan penggunaan laboratorium, contohnya saja sebelum masuk Lab apa saja yang mesti dilakukan mahasiswa, seperti menggunakan sarung tangan dan masker, tidak boleh membawa makanan, tidak boleh bersenda gurau dan sebagainya," ungkapnya.
Selanjutnya, tambah Sofia, laboran ini harus paham prosedur yang benar dan mampu mengoperasikan semua peralatan yang ada di laboratorium. "Laboran harus mengetahui cara-cara penyimpanan bahan-bahan kimia sesuai dengan Material Safety Data Sheet (MSDS), dan mengerti sumber-sumber bahaya yang bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan di Lab. Disamping itu kita juga sudah buat warning (peringatan, Red) di tempat bahan yang berbahaya," tambahnya.
Untuk Safety Lab ini, Sofia menyebutkan belum lama ini sudah ada beberapa dosen yang mengikuti training di Bangkok dan Makasar. Selain itu pada Bulan Juli 2011 lalu Kimia UR juga ikut andil dalam Pelatihan Asisten dan Dosen untuk Himpunan Kimiawan Indonesia bekerjasama dengan Sandia National Laboratories, Amerika.
Menurut Sofia, manajemen dan safety Lab itu sangat penting agar tercipta Lab yang nyaman sehingga produktifitas dan fungsi Lab dapat dipacu.

(Sumber: UR News)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer