Jumat, 14 Oktober 2011

BPTIK Berikan Pelatihan PaperLess Office (PLO) Kepada Dekan, Kepala TU dan Pimpinan di UR

JU- Komitmen Rektor UR Prof Ashaluddin Jalil.MS agar pelayanan berbasis IT terus berjalan. Kali ini adalah bagaimana proses pelayanan terutama pelaksanaan tugas administrasi dilingkungan UR berjalan cepat, efektif dan menunjang pelayanan.
PaperLess Office (PLO) merupakan sarana komunikasi internal secara elektronik. Teknologi berbasis web ini memungkinkan para pimpinan dan staff untuk mengakses secara online dari mana saja, kapan saja dan dimana saja. Aplikasi ini dapat diakses menggunakan komputer, laptop, PDA, maupun telepon genggam berbasis smartphone.
Melalui program PLO setiap penugasan ataupun delegasi tugas dari pimpinan dapat berjalan cepat. Guna lebih memahami penggunaan program tersebut, Badan Pelayanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPTIK) UR mengadakan pelatihan pengunaan PLO di lingkungan pimpinan UR.
"Pada dasarnya PaperLess Office merupakan satu-satunya cara untuk membiasakan diri mengolah dan membaca dokumen dalam bentuk digital, sehingga dapat mengurangi penggunaan kertas, sehingga dokumen atau info tugas yang akan disampaikan dapat lebih cepat" ujar DR. Hilwan Yuda Teruna, M.Si, Apt selaku Kepala BPTIK.
Pada hari Sabtu (24/7) pihak BPTIK menargetkan melatih 60 peserta yang terdiri dari 2 gelombang. "Tahap pertama adalah pelatihan bagi Kepala Tata Usaha dan Kepala di Badan dilingkungan rektorat. Tahap kedua yakni untuk jajaran pimpinan Fakultas" ucap Hilwan yang berharap setelah pelatihan ini penggunaan PLO di jajaran pimpinan UR terutama unit, lembaga dan fakultas akan lebih maksimal.
Meskipun acara berlangsung sejak pagi namun pada gelombang kedua khususnya jajaran pimpinan terlihat peserta yang hadir cukup sedikit. Dengan menggunakan PLO ini, UR telah menggaungkan semangat Go Green dimana akan  meminimalisir penggunaan kertas dan yang berarti mengurangi penebangan hutan.

(www.unri.ac.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer