Jumat, 14 Oktober 2011

Boneka Plastik "PON 2012" Karya Dosen Teknik UR

JU- Universitas Riau memang terus memainkan perannya dalam partisipasi aktif jelang PON 2012, kali ini melalui karya tangan Dosen Fakultas teknik, Azriyeni "boneka ala PON 2012, sebuah cenderamata".
Menurut Yeni, begitu nama panggilan akrab beliau, boneka buatannya ini adalah hasil olahan limbah rumah tangga,berupa botol plastik atau botol minuman bekas. "Saya terinspirasi dari sebuah majalah-yakni bagaimana mengolah botol bekas menjadi barang jadi. Dengan sedikit olahan seni, maka lahirlah ide boneka-boneka lucu. Lengkap dengan pernak-perniknya salah satunya dengan logo PON Riau 2012," ucap Yeni kepada wartawan.

Harga yang ditawarkannya untuk satu buah boneka pun beragam, tergantung dari tingkat kesulitan hingga pernak pernik yang digunakan. "Harganya cukup ringan dikantong dan pantas untuk sebuah oleh-oleh di moment event nasional yakni Rp.10ribu hingga Rp.50ribu," ucap Yeni.
Bukan hanya menjadi penyaluran hobi bagi Yeni, ternyata karyanya ini justru membuka lapangan kerja bagi warga sekitar rumahnya di jalan Paus. "Melihat antusias ini,dan sesuai dengan janji Pemprov yang mendorong UKM untuk turut menggerakkan roda ekonomi jelang PON. Maka saya bertekad agar cenderamata hasil olahan kami turut menjadi salah satu cenderamata pada event PON mendatang" ungkap dosen yang saat ini telah mengisi etalase rumahnya dengan boneka unik tadi. Untuk menghasilkan sebuah karya tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak, cukup dengan memanfaatkan benda-benda yang ada disekitar kita ditambah dengan keahlian seseorang dalam mengolah benda benda yang ada, bahkan botol bekas pun bisa menjadi benda yang bernilai tinggi jika diberikan sentuhan seni seseorang.
Merespon karya ini, Pembantu Rektor 2 UR Dr.Yanuar pun mendorong agar hal yang sama juga dapat dilaksanakan oleh mahasiswa. Yakni mencari ide-ide kreative sehingga dapat berperan aktif di PON 2012 mendatang. Bentuk boneka yang dibuat oleh Yeni cukup beragam mulai dari ukuran kecil yang dijadikan gantungan kunci hingga ukuran besar yang bisa digunakan untuk hiasan mobil ataupun hiasan dirumah. Bahkan Yeni menghiasi boneka tersebut dengan berbagai berpakaian adat nasional dan ada yang dihias tema PON XVIII. Berkat kerja kerasnya bersama tim kini boneka yang terbuat dari berbagai botol bekas tersebut telah mulai banyak dihasilkannya yang terpajang di sebuah etalase yang terdapat pada butik miliknya dengan berbagai bentuk.
Berbicara tentang PON XVIII yang akan digelar  tahun 2012 mendatang  di propinsi riau , ia mengaku akan turut andil dalam mempromosikan karya dia bersama timnya . hal ini telah dibuktikannya dengan beberapa boneka bertuliskan pon xviii telah siap dibuatnya yang nantinya akan dijadikan sebagai oleh –oleh bagi para pengunjung  yang akan meramaikan perayaan pon xviii dari berbagai daerah yang ada di indonesia.


(www.unri.ac.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer