Kamis, 20 Oktober 2011

PSIK Tingkatkan Kualitas Penelitian

Ns Yufitriana Amir S Kep Msc
JU- Beberapa tahun belakang ini jumlah penelitian keperawatan meningkat tajam untuk menunjang pelaksanaan tindakan keperawatan berbasis evidence. Banyak penelitian yang dilakukan dengan tema yang sama namun berbeda tempat penelitian. Akan lebih baik jika dilaporkan dalam sebuah penelitian Multicentre Research.

Hal ini menjadi alasan Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) UR menaja Seminar Nasioanal dengan tema Peningkatan Kualitas Penelitian Keperawatan melalui "Multicentre Research" pada 21-22 Oktober 2011 mendatang.


Seminar yang diadakan di Hotel Ibis Pekanbaru ini menghadirkan narasumber Dr Budi Anna Keliat M App Sc (Praktisi dan Peneliti Keperawatan FIK Universitas
Indonesia) dan Dr Suriadi MSN AWCS (Indonesian's Advance Nurse for Wouncare/Founder of Kitamura Wound care Clinic).

Peserta Seminar ini terdiri dari seluruh peneliti keperawatan dari berbagai provinsi seperti Aceh, Medan, Padang, Palembang, Jambi, Jakarta, Serang, Banten, PSIK UR, Kedokteran  UR, seta Universitas di Riau yang memiliki bidang kesehatan. Tak hanya peneliti, Ketua Prodi Keperawatan se Indonesia pun akan menghadiri seminar ini.

Multicenture Research adalah penelitian yang dilakukan pada lebih dari satu tempat penelitian atau pusat penelitian.Ns Yufitriana Amir S Kep Msc, Ketua Panitia Seminar mengatakan saat ini banyak tawaran hibah penelitian yang mengutamakan adanya kerjasama penelitian dengan pihak luar, baik antar universitas, instansi, antar daerah dan antar provinsi.

"Dengan adanya Seminar Nasioanl yang pertama kali dibuat oleh PSIK ini, diharapkan peserta dari seluruh Indonesia yang diundang dapat mendesiminasikan hasil penelitian yang sudah dilakukan sehingga membuka jalan untuk saling mengenal dan menjalin kerjasama penelitian dengan peserta lain yang memiliki bidang yang sama," ungkapnya.

(UR News)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer