Jumat, 14 Oktober 2011

UR Segera Taja UR Expo 2011

Pareng Rengi
JU- Universitas Riau (UR) tidak lama lagi akan melakukan kegiatan rutin tahunan, UR Scientech Expo 2011. Acara yang akan berlangsung di depan Rektorat kampus Panam pada 23 sampai 29 Oktober ini mengambil tema ‘The Reneweble Energy for Science and Technology’ (energi daur ulang untuk ilmu pengetahuan dan teknologi). UR Expo tahun 2011 ditargetkan akan lebih meriah karena bersempena dengan Wisuda dan Dies Natalis UR ke-49.
Seperti tahun sebelumnya, Rektorat kembali mempercayakan Lembaga Penelitian (Lemlit) sebagai penyelenggara. Ketua panitia, Pareng Rengi menyebutkan persiapan sudah dipersiapkan sejak tiga bulan yang lalu. Hingga berita ini ditulis, panitia penyelenggara menyebutkan kesiapan sudah mencapai 80 persen, sementara 20 persen tinggal finising.
“Kesiapan alhamdulillah sudah kita persiapkan beberapa bulan yang lalu, pihak luar sudah banyak yang mau bekerja sama berkomitmen dengan kita, dan peserta pun sudah banyak yang berminat berpartisipasi dalam Expo 2011 ini,’’ sebut Pareng, Kamis (7/10) di ruang kerjanya.
Expo yang dilakukan selama sepekan ini menghadirkan pameran instansi-instansi pendidikan, shop dan counter ternama di Riau, menyajikan informasi yang akurat berbasis edukasi, teknologi dan bisnis. Pareng mengharapkan semua komponen Universitas terlibat dengan expo ini nanti, yang mana pada saat itu dipersiapkan praktisi untuk memamerkan produk unggulan masing-masing.
“Kita juga mengundang pihak luar, sehingga ada kerjasama dan komunikasi dengan pihak luar sehingga pihak luar juga tahu hal baru apa yang kita lakukan di Universitas Riau. Ada penilaian stand favorit, stand terbaik, hal yang baru yang mereka hasilkan, ini diharapkan semoga menjadi kompetisi ke arah yang positif,’’ harap Ketua Panitia.
Selain itu, dalam expo ini juga akan mengundang alumni-alumni Universitas Riau. Panitia penyelenggara mengharapkan Ketua Alumni Universitas Riau Rusli Zainal hadir dalam pembukaan ini nantinya.
Untuk pembukaan Expo, Wakil ketua panitia M Reperiza mengatakan UR bekerja sama dengan Politeknik Chevron Riau (PCR). “Di rencanakan akan ada pameran robot yang nanti robot itu akan membuka spanduk yang bertuliskan UR Expo 2011,” katanya.
Selain itu, tambah Renza, selama Expo berlangsung akan diisi oleh berbagai  rangkaian kegiatan dan bermacam-macam perlombaan seperti fun bike, lomba memasak, lomba nyanyi, seminar septi ready dari Honda, seminar energy dari Bpmigas, talk show kecantikan, pemilihan duta kampus, band competition, futsal UR Cup, Cos Play, mading untuk Pelajar SMA, Kabaret, lomba fotografi, lomba presenter. Tidak hanya itu, setiap stand diwajibkan untuk mengadakan lomba,” tambahnya.
Yang membuat acara ini semakin meriah, di sela-sela acara akan menghadirkan artis pada seminar kecantikan, dan pada penutupan akan dimeriahkan oleh band lokal dan band nasional.
Menurut Pareng, dengan adanya Expo ini akan banyak hal positif yang di peroleh nantinya. Diantaranya adalah mempererat silaturahmi antar Civitas Akademika Universitas Riau baik itu dosen, pegawai, mahasiswa, dan seluruh kelembagaan yang terlibat. Selain untuk silaturahmi, dengan adanya pameran semua kalangan di lingkungan Universitas Riau akan bisa mengetahui produk apa saja yang terbaru dan unggul yang bermanfaat bagi orang banyak tetapi selama ini tidak terpublikasikan.
“Selama ini banyak penelitian-penelitian yang tidak terungkap. Bisa jadi dengan adanya Expo ini akan banyak orang tau tentang penelitian yang kurang terpublikasi dan tidak tertutup kemungkinan juga akan ada kerjasama -kerjasama  nanti dalam pengembangan produk yang di pamerkan,” ungkap Pareng.


(UR News)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer