Jumat, 21 Oktober 2011

LPM Wujudkan Kampus Bersih

Ns Agrina M Kep Sp Kom
JU- Kebersihan kampus merupakan hal yang sangat penting bagi seluruh civitas akademika. Lingkungan bersih akan meningkatkan kesehatan, keindahan dan kenyamanan di lingkungan kampus.Selain itu, lingkungan yang bersih, indah dan nyaman sangat dibutuhkan oleh civitas akademika baik itu mahasiswa, dosen maupun pegawai, karena dapat mengoptimalkan serta memotivasi belajar mengajar dan kegiatan lainnya di kampus.

Untuk itu, LPM UR kembali mengadakan lomba kebersihan antar fakultas se Universitas Riau.  Ini adalah lomba tahunan dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun UR yang ke 49. Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini lomba
kebersihan secara teknis dilakukan oleh Pusat Pelayanan dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat yang baru dibentuk satu tahun lalu.

Ketua panitia, Ns Agrina M Kep Sp Kom mengatakan penilaian dilakukan ke fakultas-fakultas, prodi dan jurusan, serta unit-unit yang ada di Universitas Riau. Sedangkan tim penilai berasal dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dan Fakultas Kedokteran. Tim melakukan penilaian dari tanggal 21-25 Oktober 2011. Walaupun begitu kedatangan tim dirahasiakan dan tidak menyebutkankan hari apa datangnya.

Penilaian dalam lomba ini mencakup semua kebersihan lingkungan di sekitar fakultas dan unit seperti tempat pembuangan sampah, perilaku baik seperti tidak merokok, ruang kuliah, toilet, kantin dan sebagainya.

"Banyak hal yang kita nilai, baik dari segi sampah apakah tempat pembuangan sampah sudah cukup, kebersihan toilet bagaimana, ruang kuliah apakah sesuai dengan kesehatan seperti ruangan kelas kecil tapi mahasiswa banyak, kecukupan pentilasi ruang kuliah apakah sudah memadai, begitu juga dengan kantin, bagaimana limbahnya apakah sehat atau tidak," ungkap Doden PSIK ini.

Dengan adanya lomba seperti ini, Argina berharap semua fakultas, prodi dan jurusan, serta unit-unit yang ada di UR bisa termotivasi untuk hidup bersih dan berperilaku sehat. "Semoga Civitas Akademika UR kesehatannya bisa meningkat, karena kesehatan yang bersih ada korelasi dengan kebersihan," harapnya.

Terakhir, tambah Agrina, Pemenang akan diumumkan pada acara puncak Dies Natalis UR pada tanggal 29 Oktober 2011. Pemenang lomba akan diberikan hadiah berupa sertifikat dan uang. "Uangnya cukup besar menurut saya, dan uang tersebut bisa digunakan nanti untuk menambah fasilitas kesehatan yang ada di fakultas atau unit meraka seperti penambahan tempat sampah dan sebagainya," tambahnya.

(UR News)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer